Resep Kerupuk Karak Bawang Khas Solo Tanpa Bleng (Boraks) Karya Dinda Rizky Tan

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Kerupuk Karak Bawang Khas Solo Tanpa Bleng (Boraks) Karya Dinda Rizky Tan
  • Resep Kerupuk Karak Bawang Khas Solo Tanpa Bleng (Boraks) oleh Dinda Rizky Tan

    Dibawah ini adalah cara memasak Kerupuk Karak Bawang Khas Solo Tanpa Bleng (Boraks). Resep Kerupuk Karak Bawang Khas Solo Tanpa Bleng (Boraks) yang dibuat oleh Dinda Rizky Tan dapat disajikan 10 porsi.



    gambar untuk resep Kerupuk Karak Bawang Khas Solo Tanpa Bleng (Boraks)


    Resep Kerupuk Karak Bawang Khas Solo Tanpa Bleng (Boraks)


    Porsi: 10 porsi

    Bahan-bahan

    1. 300 gram Nasi Putih Pulen
    2. 5 siung Bawang Putih
    3. secukupnya Garam
    4. secukupnya Kaldu Bubuk

    Langkah

    1. Haluskan bawang putih, garam dan kaldu bubuk. Garam dan kaldu bubuknya sedikit saja dulu, nanti keasinan.

    2. Campurkan bumbu halus tadi ke dalam nasi putih pulen, Aduk hingga rata. Cicipi rasa nya, jika kurang, ditambah garam dan kaldu bubuknya. Kemudian, kukus kurleb 15 menit. Perhatikan: rasa tdk boleh terlalu asin, hanya sebatas gurih dan bawang terasa.

    3. Setelah 15 menit, keluarkan dr kukusan. Tumbuk atau uleg pada saat panas sampai halus. Jangan lupa ulekan dan wadahnya dialasi plastik es terlebih dahulu ya biar tdk lengket.

    4. Dengan menggunakan sarung tangan plastik, bentuk adonan yg sudah halus lembek tdi menjadi bulatan2 kecil, kira-kira diameter 3cm. kemudian masukkan ke dalam magic com, agar adonan tetap hangat.

    5. Untuk mencetaknya, saya menggunakan peralatan seadanya, hehe, pake 2 buah piring datar. Ambil 1 bulatan hangat, taruh di tengah bagian piring yg dialas plastik dan dioles sedikit minyak tipis, tutup dgn plastik lagi, kemudian di tekan dgn piring yg lain.

    6. Nanti akan bulat seperti ini hasilnya. Tebal tipisnya, bisa disesuaikan selera ya, klo saya, suka yg tipis karena hasilnya nnti akan sangat renyah.

    7. Setelah itu tata di atas tampah, atau jika tidak ada, bisa gunakan loyang. Langsung jemur di bawah terik matahari. Dari pengalaman saya, jika cuaca cerah dan terik, saya jemur jam 9 pagi, nnti jam 3-4 sore sudah kering.

    8. Setelah kering, jadinya akan seperti ini. Berwarna bening transparan, seperti warna alami nasi. Pada kerupuk karak yg memakai boraks, akan sangat terlihat perbedaannya, warnanya akan cenderung kuning keabuan atau putih keabuan.

    9. Untuk menggorengnya, panaskan minyak goreng sampai minyak nya tua, kecilkan api. Goreng kerupuk karak dengan api yg kecil-sedang. Kerupuk karak bawang khas Solo nan renyah dan sehat siap dihidangkan. :D




    Itulah Resep Kerupuk Karak Bawang Khas Solo Tanpa Bleng (Boraks), Semoga berguna untuk pembaca sekalian.Untuk mendapatkan resep yang yang lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. anda bisa menemukan sekitar satu juta resep masakan yang tentunya dapat membantu menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Kerupuk Karak Bawang Khas Solo Tanpa Bleng (Boraks) diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Kerupuk Karak Bawang Khas Solo Tanpa Bleng (Boraks) Karya Dinda Rizky Tan diatas pada kategori resep berikut ini
           

    Anda sedang membaca Resep Kerupuk Karak Bawang Khas Solo Tanpa Bleng (Boraks) Karya Dinda Rizky Tan dengan alamat Url: https://mirahhalim.blogspot.com/2018/12/resep-kerupuk-karak-bawang-khas-solo.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.